Selasa, 10 Juni 2014

Sosialisasi Penyusunan RAD-AMPL


Selasa 10 Juni 2014 Bappeda Kabupaten Polewali Mandar bekerjasama dengan District Consultan PAMSIMAS II, menyelenggarakan Sosialisasi penyusunan RAD-AMPLyang dihadiri oleh beberapa sektor terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Dinas Tarkim, Badan pemberdayaan masyarakat, Badan Lingkungan Hidup serta Bagian Keuangan Setda Kab. Polman. Sosialisasi ini dibuka oleh Drs.Darwin Badaruddin, M.Pd (Asisten Sekda bidang perekonomian dan pembangunan). Pada kesempatan tersebut Pemaparan pertama disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (drg. Nurwan Katta, MARS) tentang Komponen Kesehatan dalam PAMSIMAS II. Dalam paparannya, beliau menekankan 5 pilar STBM yaitu:
  1. Tidak buang air besar sembarangan
  2. Mencuci tangan pakai sabun
  3. Pengelolaan air minum dan makanan yang aman di RT
  4. Pengelolaan limbah rumah tangga
  5. Pengelolaan sampah rumah tangga
beliau juga mengharapkan Bappeda selaku koordinator perencanaan pembangunan betul-betul melakukan sinkronisasi program terkait Penyediaan Air Minum dan Sanitasi. Selain untuk menghindari terjadinya tumpang tindih kegiatan juga sinkronisasi tersebut diharapkan dapat mempercepat pencapaian target nasional MDG's tahun 2015 (68,87% untuk akses air minum dan 62,41% untuk akses sanitasi).  kemudian dilanjutkan Paparan Kabid. Fispra Bappeda Kab. Polman (Ahmad Rauf) tentang RAD-AMPL dalam paparannya antara lain dijelaskan apa itu RAD-AMPL?, muatannya apa saja?, keterkaitan RAD-AMPL dengan dokumen perencanaan lainnya dan terakhir dijelaskan tahapan-tahapan penyusunan RAD-AMPL. selanjutnya District Consultan (Zulkarnain, ST) memaparkan peranan pemerintah daerah dalam program PAMSIMAS II, dan terakhir Strategi Pendampingan Pokja AMPL dalam penyusunan serta Monev RAD-AMPL oleh Jasman (LGS ROMS 7). Dalam paparannya, beliau menekankan pentingnya BP-SPAMS sebagai organisasi masyarakat setempat yang akan menjaga keberlanjutan program ini. 
Sebagai Kesimpulan dari sosialisasi tersebut disepakati bahwa Tim Teknis Penyusunan RAD-AMPL Kab. Polewali Mandar adalah Pokja AMPL, PAKEM bersama konsultan pendamping dan segera akan menyusun Rencana Kerja Tindak Lanjut.
JANGAN TINGGALKAN "AIR MATA" UNTUK ANAK CUCU KITA!!!!
........... KARENA YANG MEREKA BUTUHKAN "MATA AIR"


AIR ADALAH SUMBER KEHIDUPAN......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar